.

Rabu, 27 Oktober 2010

-->Perawatan Burung Kenari<---

Tentunya kita dapat menyaksikan bahwa binatang-binatang piaraan memiliki “perasaan”. Kalau burung kenari di perlukan dengan tenang dan lemah lembut setiap saat, lama - lama (dalam waktu relatif singkat) burung ini akan rnemberikan kepercayaan tertentu kepada yang memeliharanya.
Burung ini dapat belajar dengan cepat untuk mengetahui siapa yang mengisi makanannya, siapa yang membersihkan minumannya dan siapa yang memberikan sayuran kepadanya. Begitu besarnya rasa mudah percaya, sehingga burung kenari ini dapat dilatih untuk bertengger di jari kita atau di telapak tangan kita. Sudah tentu ini harus dengan latihan, yang dapat diatur dengan memakai makanan sebagaimana umumnya para pelatih binatang sirkus melatih binatangnya.

Menangani burung-burung ini memang memerlukan ketenangan, dengan gerakan-gerakan lembut yang selalu terkendali. Dengan cara inilah ada pihak yang berpendapat bahwa memeliliara burung kenari dapat menjadi obat pengendali syaraf bagi para penggemarnya. Sudah tentu ini berlaku bagi penggemar burung kenari yang menangani sendirii pemberian makanannya dan merawatnya. Bukan model penggemar burung yang menyerahkan pemberian makanan dan pemeliharaannya kepada orang lain, misalnya pembantu rumah tangga.

Dengan menyerahkan segala sesuatunya kepada orang lain, tentu itu tidak
mempunyai hubungan dengan binatang piaraannya itu.Rasa gugup atau tingkah gugup, rasa jengkel atau gerak tak terkendali, yang muncul dengan tiba-tiba pada diri manusia tidaklah disukai oleh binatang. Rahasia berhasilnya seorang pemelihara yang baik di dalam memelihara binatang Di samping perlakuan yang lembut terludap burung ini, burung kenari memerukan perawatan lain. Di sini, suatu perawatan terhadap paruh dan kuku-kuku jari penlu dilakukan. Burung kenani akan mendapat kesempatan mengasah paruhnya kalau padanya disediakan tulang ikan-sotong yang dapat dibeli di pasar burung. Dan ada makanan burung kenari dan luar negeri yang sengaja dipadatkan, sehingga burung harus mencukil dengan paruhnya. Dalam taraf tertentu makanan mi membantu mengasah paruhnya. Selain paruh, kuku binatang ini terkadang eukup panjang sehingga sudah sepantasnyalah kalau dipotong. Kalau kita memiliki burung kenari dan luar negeri yang memakai cincin, kita akan tahu umur dan burung itu. Dan burung yang baru berumur satu tahun kita akan tahu berapa panjang kuku normal. Panjang kuku normal kenari 5 mm.

Burung dewasa yang sudah tergolong berumur akan memiliki sisik kaki yang kaku dan tenlihat kurang menarik. Hal ini adalah biasa. Burung kenari bukan hanya ‘berganti bulu, tetapi kulitnya juga diganti, sehingga sisik kaki yang kaku lagi buruk itu akan digantinya. Burung yang mendapat banyak kesempatan mandi umumnya lebih cepat mengganti bagian sisik-sisiknya yang kaku di kaki dan di jar Sisik yang baru sebenarnya telah tersedia di lapisan bawahnya. Kalau Iapisan sisik yang tua terlalu keras dan tenlalu kuat, itu biasanya akan menempel pada sisik yang muda itu. Dalam
keadaan ini langkah yang dapat diambil adalah merendam kaki itu pada air hangat atau minyak hangat. Bila memakai minyak hendaknya sangat hati-hati agar jangan mengenai bulu, Cara ini akan melembekkan sisik yang keras sehingga mudah lepas. Segala macam krem kecantikan atau krem kulit dapat dipakai untuk meminyaki sisik kaku. Caranya dengan mengoles-oleskan krem itu ke kaki/jari burung. Agar bersih dan sisiknya akan dengan sendirinya akan rontok.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar